Breaking News
Loading...
Friday, July 2, 2010

10 Cara Membangun Istana Surga

7:52 AM

dok. istimewa
dok. istimewaPernahkahterbayang Anda memiliki sebuah istana yang besar dan megah? Tujuh kalilipat lebih megah dari istana Tajmahal yang dielu-elukan. BahkanTajmahal sekalipun tidak ada apa-apanya.
Istana nan indah.Berdindingkan mutiara dan berhiaskan permata. Gemericik air sungai nanjernih mengalir damai di bawahnya. Dipenuhi dengan pepohonan yang sejukdan rindang.  Menariknya Istana super megah itu Anda sendiri yangmembangunnya. Bukan orang lain. Andapun tak perlu merogoh kocek Andadalam-dalam. Tidak butuh tenaga ekstra. Dan tak usah khawatir umur danwaktu Anda akan tersita habis untuk membuatnya.  Cukup 1 jam 8 menit 18detik, dengan izin Allah Swt Anda sudah bisa mewujudkan rumah danistana di surga.
Penasaran kan? Ingin tahu caranya?
Mudah. Dengan melakukanbeberapa amalan di bawah ini Anda akan berhak mendapat sebuah rumah,ataupun istana surgawi. Apa sajakah amalan yang dimaksud? Simak uraianberikut:

1.   Bangunlah masjid
Masjid adalah rumahAllah Swt. Tempat dimana asma Allah Swt. dikumandangkan dan disucikan.Tempat menuai pelbagai kebajikan. Allah menjanjikan bagi mereka yangmau membangun masjid sebuah rumah kelak di surga. Ganjaran ini tidakterbatas. Ditujukan juga kepada mereka yang mungkin hanya bisamenyumbangkan satu atau dua batu bata misalnya.
Diriwayatkan dariAbu Dzar ra ia ia berkata, "Rasulullah Saw. bersabda, " Barangsiapa yang membangun masjid meski hanya sebesar sarang burung perkutut makaAllah akan membangun baginya sebuah rumah di surga." (HR. Ibn Hibban,Bazzar dan Thabrani)

2.   Kunjungi handaitaulan dan Menjenguk yang sakit
Berkunjung atau menjenguk orang sakit adalah sebuah tindakan yang mulia.
Diriwayatkandari Tsauban ra ia berkata, "Rasulullah Saw. bersabda, "sesungguhnyaseorang muslim akan tetap dalam bilik surga selama ia menjenguksaudaranya." (HR. Muslim)

3.    Bersabar atas kematian anak
Bagiorangtua kematian sang buah hati akan terasa lebih berat. Ibaratkehilangan separuh nyawa. Seorang hamba benar-benar diujiketabahannya.   Jika tabah dan merelakan barangkali di sinilah letakhikmah dari ganjaran atas ujian yang diberikan Allah Swt.
BahwasanyaAllah Swt akan membangun istana surga yang diberi nama Baitul Hamdi(rumah pujian) atas kesabaran dan keikhlasannya mengiringi kepergiansang buah hati. (HR. Turmudzi dari Abu Musa ra)

4.    Baca doa tatkala masuk pasar
Pasaradalah termasuk tempat yang tidak disukai Allah Swt. Karena pasarmerupakan tempat atau ladang peperangan setan dan disanalah panjimereka ditegakkan. Karena kita sadari atau tidak akan kita dapatikecurangan di pasar. Kebohongan, penipuan dan beberapa maksiat lainnya.

5.    Jaga dan luhurkan akhlak
Hindariperangai buruk sebisa mungkin. Tidak berbohong meskipun sedangbercanda. Tidak gemar berdebat kusir. Hanya dengan mengekang diri Andadari sifat dan perbuatan tercela Anda berhak menempati tempat surgayang paling atas. (HR. Daud dari Abu Amamah ra)

6.   Bacalah surah al-Ikhlas sepuluh kali
Diriwayatkandari Mua'adz bin Anas ra ia berkata, "Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang  membaca surah al-Ikhlas sepuluh kali maka Allah akanmembangun istana baginya kelak di surga." (HR. Ahmad)

7.   Shalat dhuha
Sunat dhuha memangtermasuk sunah yang ringan. Meski demikian kadang masih seringterlewat. Belum lagi mungkin kesibukan yang menuntut kita berangkatkerja pagi hari misalnya.
Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari raia berkata, " Rasululllah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang shalat dhuhaempat rakaat dan qobliyah dhuhur empat rakaat maka Allah akan membangunrumah disurga baginya." (HR. Thabrani)

8.    Perbanyak sunat rawatib
Shalat sunat rawatib. Shalatsunat yang mengiringi  shalat lima waktu. Yaitu empat rakaat sebelumshalat dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah maghrib,dua rakaat setelah isya'  dan dua rakaat sebelum shalat subuh.
Diriwayatkandari Ummu Habibah ra, ia berkata, " Saya mendengar Rasulullah Saw.bersabda, "Barangsiapa yang shalat (sunat) dua belas rakaat seharisemalam maka Allah akan membangun baginya sebuah rumah di surga." (HR.Muslim)

9.    Penuhi shaf yang kosong
Dalam shalatberjamaah, kesempurnaan shaf menjadi perkara yang kian menyempurnakanshalat Anda. Shaf yang tidak terputus. Saling terpenuhi. Bahu satudengan bahu yang lain saling merapat. Selalu bersama dalam tiap detailgerakan shalat.  Kesemuanya itu tak lain ialah pesan moral yang begituagung. Dalam shaf kita diajarkan tentang makna kebersamaan, persatuandan saling mengisi kekosongan dan kekurangan sesama.
Diriwayatkandari Abu Hurairah ra ia berkata, "Rasulullah Saw. bersabda, "Seandainyaorang mengetahui pahala yang terdapat pada adzan dan shaf pertamakemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan undian maka niscayaakan mereka lakukan." (HR. Bukhari Muslim)
Menarik sekali. Lantaspahala apa yang menanti bagi mereka yang berkenan memenuhi shaf pertamaataupun barisan yang kosong? Subhanallah. Rumah di surga telahmenantinya.     
Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata,"Rasulullah Saw. bersabda,"  Barangsiapa yang memenuhi shaf yang kosongmaka Allah akan membangun baginya rumah di surga dan mengangkat baginyasatu tingkatan." (HR. Ibn Hibban dan Hakim)

10.    Berangkat ke Masjid
Mengayunkanlangkah kaki menuju rumah Allah Swt. sudah dihitung ibadah. Baik untukmenunaikan shalat ataupun melakukan amal saleh lainnya. Di kala pagiataupun petang. Allah akan mengganjarnya dengan rumah sebagai tempatsinggah nan kekal kelak diakherat. (HR. Bukhari Muslim dari AbuHurairah ra)

Hanya 1 jam 8 menit 18 detik. Dalam total 30menit Anda bisa melakukan sholat sunat rawatib 12 rakaat dalam seharisemalam. Total 20 menit untuk shalat dhuha empat rakaat dan qobliyahdhuhur empat rakaat. Cukup 15 menit Anda bisa mengunjungi atau membesuksesama. Tidak lebih dari 3 menit bahkan Anda bisa membaca surahal-Ikhlas sepuluh kali. 15 detik Anda bisa membaca doa ketika masukpasar. Dan bahkan dalam tempo 3 detik Anda bisa mengisi shaf yangkosong. Dalam waktu yang cukup singkat ini Anda bisa bangun sendirirumah impian di surga. Wallahoa'lambisshowab.


sumber: khalifah.co.id


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer