Breaking News
Loading...
Wednesday, February 16, 2011

PENJARAHAN / PERAMPOKAN DI TOL

Pagi ini saya lihat berita di salah satu stasiun TV tentang kejadian di jalan Tol yang dialami oleh salah satu Pemain Sinetron.

Orang tersebut sedang berjalan di Jalan Tol mengendarai mobil (Honda Jazz merah ?), pada satu tempat di menabrak Batu yang cukup besar yang ada di tengah jalan. Akibatnya mobil rusak dari mulai bagian bemper sampai bagian kolong, termasuk oil pan (mengakibatkan oli bocor).

Dia langsung berhenti, dan berjalan kaki mencari bantuan ke arah Pintu Tol, karena tidak jauh dari pintu tol tersebut. Menurutnya, hanya dalam waktu lk. 10 menit sejak meninggalkan mobil sampai kembali ke mobil lagi, mobil tersebut sudah pecah (dipecahkan) kaca depannya, semua barang termasuk sound system yang ada di dalam diambil.

Melihat kondisi mobil dan kondisi di dalamnya, saya berpendapat bahwa :

1. Batu sengaja dipasang / diletakan oleh sekelompok orang.

2. Orang-orang / perampok tersebut menunggu tidak jauh dari lokasi.

3. Perampok tersebut telah menyiapkan peralatan lengkap (untuk memecahkan kaca, melepas barang-barang yang menempel di mobil seperti sound system dlsb).


Sebagai masukan untuk menghindari kejadian ini :

1. Selalu melakukan cara mengemudi yang aman, dengan mendapatkan pandangan yang seluas-luasnya kedepan, agar kita selalu mendapatkan 3 Zona (Zona Melihat, Zona Analisa dan Zona Bereaksi).

2. Selalu mengontrol jarak dengan "kendaraan di belakang kita", agar suatu saat bila harus menghindar dengan cepat tidak tertabrak.

3. Selalu mencatat nomor-nomor penting (termasuk nomor pengelola Tol), agar bila ada masalah di jalan dan memerlukan bantuan, kita bisa cepat menghubungi, tanpa harus meninggalkan kendaraan.

4. Pasang tanda segitiga dengan jarak yang cukup (jangan terlalu dekat) dari kendaraan kita.

5. Saat menunggu bantuan, jangan berdiri dibelakang mobil kita, tetapi di depan mobil kita, pada jarak yang cukup aman.

6. Jangan meninggalkan kendaraan, hubungi pihak keamanan atau pengelola tol dengan telpon, minta bantuan pengguna jalan lain (untuk menyampaikan ke petugas di pintu Tol).

7. Bersikap tenang, hati-hati memberi ijin kepada orang-orang yang tiba-tiba muncul dengan dalih akan menolong (jangan ijinkan untuk menyentuh kendaraan kita).

8. Simpanlah dompet, atau barang-barang berharga pada tempat yang tersembunyi (Di jalur Pantura, sudah bukan rahasia, bila ada kendaraan yang tabrakan, ada sekelompok orang yang langsung menggasak semua barang berharga dari korban sebelum kejadian itu sendiri dilaporkan. Info ini didapatkan dari petugas yang bertugas di salah satu Polsek di Pantura).

Mohon maaf, ini bukan mengajari, tetapi sebagai bahan saling mengingatkan dan bahan sharing info.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer