Breaking News
Loading...
Tuesday, April 26, 2011

DONT GIVE UP

“Ir, kamu pernah merasa down dan terjatuh?” Begitu tanya seorang teman. Saya hanya bisa tersenyum menjawab pertanyaan tersebut. Sebuah pertanyaan kecil tapi sanggup memutar kembali tayangan kehidupan masa lalu saya. Yang saat ini masih tersimpan dalam memori. Yang saat ini masih menjadi kenangan dalam kehidupan saya. Ya, kenangan saat saya terjatuh,terpuruk. yang sempat membuat langkah saya terhenti

Terjatuh adalah kamus kesedihan, dan kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Mau tak mau kita mesti akrab dengannya. Menjadikannya bagian dari warna-warni kehidupan. Tak mudah memang untuk tabah ketika kita sedang terjatuh. Yang ada kita sering mencari biang kerok, mencari kambing hitam kenapa kita bisa terjatuh. Bahkan, pada saat demikian kita sering berkata “Ah Tuhan tidak adil”.

Kehidupan kita tak akan pernah berjalan semulus yang kita pikirkan. Berbagai macam tantangan, misalnya kehilangan pekerjaan atau orang-orang yang dicintai, disabotase, bangkrut dan lain sebagainya, bisa saja menyeret kita dalam keterpurukan.
Bila kita melihat ke sekeliling, begitu banyak orang-orang yang tenggelam dalam keterpurukan dan terjerat cukup lama dalam kegelapan

Kini, teman saya itu sedang terpuruk. Dan, tugas pertama saya hanyalah mendengarkan kisah hidupnya. Ternyata, setelah saya dengar baik-baik, keterpurukannya hanya sederhana saja. Tapi, yang namanya lagi terpuruk pastilah ada gelisah, ada resah, muncul ketakutan-ketakutan. Yang hasilnya berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang. Ia menjadi begitu muram. Ia menjadi begitu sedih.

Tapi, saya sok bijak katakan. Kesedihan, memang hal umum. Semua orang mengalaminya.

Everyone has a problem, kalo kamu mau sedikit saja menoleh kesamping dan kebelakang kamu pasti akan terhenyak dan berujar …. “hey, ternyata i’m not the only person who has a problem !” So get up, face the reality and go on with your lifes !!!

Saya kira memang tak ada pilihan bagi kita selain harus bangkit dari keterpurukan. Saya sendiri juga pernah mengalami sebuah keterpurukan, serasa dunia berhenti berputar, saat itu sepertinya tidak ada lagi keinginan apapun, semua seolah olah pupus. bahkan benar-benar tak bisa mengandalkan siapapun. Disaat seperti itu, saya benar-benar menjadi paham bahwa jangan sekali-kali pernah bergantung pada orang lain.tantangan kehidupan adalah bagian dari perjalanan hidup supaya kita menjadi lebih cerdas menghadapi tantangan kehidupan.

Saat menghadapi masalah. Rasa-rasanya berat sekali sebab harus dipikul sendiri. Pada akhirnya, satu kunci yang benar-benar manjur adalah IMAN. Ya, selalu percaya bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan diri kita sendirian.

Soo..apa yang dapat kita lakukan ?

1.Segeralah Bangkit.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki masalah, semua orang pasti punya masalah. Cuman bedanya adalah, kuat ataukah tidak kuat, dan cepat pulih ataukah tidak cepat pulih masing-masing individu dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi. Hentikan tangisan dan ratapan kesedihan itu … cepatlah pulih dan segeralah bangkit !! Kamu bisa memilih untuk pulih dan bangkit setelah satu menit, satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, atau mungkin satu tahun atau bahkan memilih untuk tidak bangkit sama sekali … Tentukan pilhanmu !!

2. Kamu Bisa Memilih Ceria.
Pernahkah kamu melewatkan waktu bersama teman-teman yang ceria, penuh canda dan gelak tawa ? Jika ya, tentu kamu tahu bahwa mereka mampu membuatmu bersemangat dan merasakan indahnya hidupmu ?! Mulailah berfikir untuk meninggalkan kamarmu yang pengap itu, dan usap air matamu … bangkitlah ! ambillah cermin dan sunggingkan senyuman manis dari wajahmu. Rasakan angin yang menerpa wajahmu, buang wajah yang suram itu ! be happy okey !

3.Bersikaplah Antusias.
Be Inspired … antusias, dan penuh semangat ! Guys, mana yang akan kalian pilih, teman yang loyo, kurang darah, dan lemes ?? ataukah teman yang fully energized, ceria dan penuh semangat yang bisa membuat kalian terinspirasi ?? Kalo pilihan kedua yang kalian pilih berarti kepribadian yang semacam itulah yang seharusnya kalian tunjukkan. Tetap semangat !!

4. Jangan Pernah Lupa Untuk Bersyukur.
Setiap tarikan nafasmu, denyut nadimu, segarnya air yang membasahi kerongkonganmu dan laen-laen, begitu banyak hal yang terlewatkan tanpa rasa syukur. Rasa syukur membuatmu tersenyum ! rasa syukur membuatmu menikmati kehidupanmu, dan tentu orang lainpun pasti akan merasa senang berada di dekatmu. Good luck guys !!

Dari kesadaran ini, lantas saya menjadi paham bahwa sebenarnya tak perlu banyak membuang energi memikirkan masalah yang kita hadapi. Yang penting justru bagaimana solusi terbaik untuk keluar dari masalah itu. Itulah jawaban untuk keluar dari keterpurukan. Setelahnya, hati saya kembali damai, kembali nyaman dan kembali tersenyum.


“Jika Anda mau menerima kegagalan dan belajar darinya, jika Anda mau menganggap kegagalan merupakan sebuah karunia yg tersembunyi dan bangkit kembali, maka Anda memiliki potensi menggunakan salah satu sumber kekuatan paling hebat untuk meraih kesuksesan.”

~ Joseph Sugarman

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer