Breaking News
Loading...
Tuesday, April 19, 2011

Inilah 4 Rahasia Mengelola Energi Anda Selain Waktu Anda!

2:28 PM
Tahun lalu tepatnya, saya membaca sebuah tulisan dari Harvard Business Review yang mengatakan kalau saat ini sudah bukan jamannya lagi hanya mengelola waktuAnda. Tetapi saat ini sudah saatnya Anda untuk mulai belajar juga mengelola Energi!

Dulu yang namanya mengelola waktu adalah hal yang luar biasa, akan tetapi dengan tuntutan perkembangan jaman saat ini, perlu Anda juga belajar untuk bisa mengelola Energi Anda. Organisasi manapun saat ini pastilah menuntut lebih dan lebih lagi dari orang – orang di timnya, entah saat ini Anda bekerja ataupun membuka sebuah bisnis. Deadline waktu pun semakin padat dan singkat yang kadang banyak membuat para professional menjadi mudah stress. Tentunya dengan kondisi yang seperti ini Anda tidak hanya cukup dengan mengelola waktu, tetapi perlu juga mengelola Energi Anda.

Berikut ini adalah 4 tips sederhana yang akan membantu Anda untuk menjalani hari – hari dengan lebih cerdas dan tidak akan menjadi mudah kelelahan :
1. Ambillah waktu untuk istirahat singkat tapi teratur.

Ambillah waktu untuk beristirahat singkat setiap 90 sampai 120 menit saat Anda bekerja. Mudah saja hal yang dapat Anda lakukan seperti berjalan-jalan, ambil waktu untuk minum, atau hanya melakukan stretching untuk meluruskan kaki Anda.
2. Ucapkan terima kasih.

Fakta menunjukkan bahwa menjadi pribadi yang positif akan meningkatkan tingkat energi Anda. Salah satu hal mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menyampaikan penghargaan atau terima kasih secara rutin kepada orang lain. Saat Anda mengucapkan terima kasih atau penghargaan, secara tidak sadar Anda sedang memberikan energi buat Anda sendiri juga.
3. Mengurangi gangguan / interupsi.

Saat mengerjakan tugas – tugas atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, jauhkan diri Anda dari telepon, blackberry dan email. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan men-set waktu tertentu untuk Anda dapat menjawab telepon, membaca dan menjawab SMS, BBM (Blackberry Messanger) ataupun email. Kecuali untuk hal – hal yang benar – benar TOP URGENT adalah suatu perkecualian. Misalnya Anda dapat merespon setiap SMS, BBM atau email yang masuk saat sebelum mulai bekerja, saat makan siang dan sebelum pulang. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih konsentrasi dan fokus dalam mengerjakan pekerjaan – pekerjaan Anda.
4. Lakukan apa yang Anda sukai.

Pahamilah diri Anda sendiri mengenai apa yang nantinya akan memberikan tambahan energi buat Anda, serta hal – hal apa saja yang saat mengerjakannya benar – benar Anda nikmati. Saat melakukan hal – hal yang benar – benar Anda sukai, Anda sebenarnya sedang menjadikan diri Anda semakin bersemangat dan antusias. Temukanlah juga cara untuk melakukan lebih banyak hal dalam kehidupan Anda yang akan membuat Anda tidak terlalu lelah. Hal – hal yang bisa Anda lakukan misalnya dengan menyediakan “me”-time dalam keseharian Anda seperti pergi jalan – jalan, membaca buku, mendengarkan musik, serta hal – hal kreatif lainnya yang akan men-charge diri Anda.

Semoga artikel ini menginspirasi dan bermanfaat. Mari mulai saat ini selain mengelola waktu, Anda juga perlu mengelola energi. Life to the FULLEST!

Bagaimana pendapat dan komentar Anda mengenai hal ini?

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer